Analisis Potensi Retribusi Parkir Di Kota Kupang

HONO, Theresia Erlinda (2016) Analisis Potensi Retribusi Parkir Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Dalam era otonomi daerah setiap daerah diberikan hak untuk mengelola keuangannya sendiri. Pendapatan asli daerah (PAD) merupakan salah satu sumber penerimaan daerah untuk membiayai keseluruhan belanja pemerintah. Sumber PAD yang paling besar sumbagannnya adalah pajak daerah dan retribusi daerah dimana daerah diberi kewenangan untuk melaksanakan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan penelitiannya kepada aspek retribusi parkir di kota kupang karena merupakan salah satu sumber penerimaa terbesar retribusi kota kupang dan memiliki potensi yang baik dalam memberikan sumbangan bagi PAD. Namun dalam kenyataannya dalam proses pengelolaan pemungutan retribusi parkir kurang maksimal karena kurangnya pengawasan terhadap kinerja juru parkir di lapangan masih relatif kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unggulan, potensial, berkembang dan terbelakang dari retribusi tepi jalan umum, retribusi parkir khusus, retribusi jasa usaha terminal, retribusi pengujian kendaraan bermotor dan retribusi ijin trayek (ijin insidentil). Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif menggunakan analisis tipologi klassen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa retribusi tepi jalan umum dan jasa usaha terminal tergolong unggulan karena besarnya kontribusi (23,51%) dan laju pertumbuhan (35,92%) lebih besar dari rata-rata penerimaan retribusi parkir. Retribusi pengujian kendaraan bermotor tergolong potensial karena kontribusinya (36,01%) lebih besar dari rata-rata penerimaan retribusi parkir tetapi laju pertumbuhannya lambat. Retribusi parkir khusus tergolong berkembang karena kontribusinya (6,18%) masih rendah dan laju pertumbuhannya (29,64%) yang mengalami peningkatan. Retribusi ijin trayek (ijin insidentil) tergolong terbelakang karena kontribusi (0,51%) dan laju pertumbuhan (-14,18%) yang masih rendah. Mengingat potensi retribusi parkir yang baik bagi Pendapatan asli daerah maka pemerintah kota kupang lewat dinas perhubungan harus mampu memaksimalkan potensi penerimaan retribusi parkir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Retribusi Parkir
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:42
Last Modified: 16 Aug 2022 04:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item