Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

NABIT, Monika Da Costa (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas VII SMPK Sta.Theresia Kupang. Hal tersebut dikarenakan daya serap peserta didik yang rendah, kurang keaktifan peserta didik, peserta didik lebih cendrung membuat kesibukan sendiri karena model pembelajaran yang digunakan belom optimal. Solusi yang ditawarkan dengan menggunakan model problem based learning(PBL) . Alsannya penelitian belum diketahui pengaruh penerapan model problem based learning(PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning(PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok pencemaran lingkungan di SMPK Sta. Theresia Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPK Sta.Theresia Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C dan kelas VII D.Teknik pengumpulan data melalui test dan observasi. Data di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisa kemampuan guru dan aktifitas peserta didik, dan statistik inferensial yaitu uji anacova untuk menguji hipotesisis. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu kelas kelas yang menerapkan model problem based learning(PBL) rata prestest 32,41 dan postest 78,71 N-Gain 0,90 termasuk kategori tinggi.Sedangkan pada kelas control yang menerapkan yang menerapkan model pembelajaran langsung rata-rata prestest 29,63 dan posstest 71,85 N-Gain 0,88 termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukan sigfinikannya 0,002< 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak yaitu tidak ada pengaruh penerapan model problem based learning(PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPK Sta, Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Ha di terima, artinya ada pengaruh model problem based learning(PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model problem based learning(PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPK Sta. Theresia Kupang pada materi pokok Pencemaran Lingkungan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Pokok pencemaran lingkungan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:02
Last Modified: 05 Nov 2019 02:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item