Pola Pendampingan Konselor Untuk Menegakkan Disiplin Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Loura-Sumba Barat Daya) Tahun Ajaran 2011/2012

ZADDA, Agustus Rato (2012) Pola Pendampingan Konselor Untuk Menegakkan Disiplin Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Loura-Sumba Barat Daya) Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (403kB)

Abstract

Judul Skripsi: Pola pendampingan konselor untuk menegakkan disiplin siswa di sekolah. (Studi kasus pada siswa kelas XI SMA N I Loura Tahun Ajaran 2011/2012). Masalah Umum: Bagaimana pola pendampingan konselor untuk menegakkan disiplin siswa kelas XI SMA N I Loura Tahun Ajaran 2011/2012? Masalah Khusus: 1. Bagaimana pola pendampingan konselor bagisiswa kelas XI SMA N I Loura Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib berbusana? 2. Bagaimana pola pendampingan konselor bagi siswa kelas XI SMA N I Loura Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib berbahasa? 3. Bagaimana pola pendampingan konselor bagi siswa kelas XI SMA N I Loura Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib bergaul? 4. Bagaimana pola pendampingan konselor bagi siswa kelas XI SMA N I Loura Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib waktu? 5. Bagaimana pola pendampingan konselor bagi siswa kelas XI SMA N I Loura Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib lingkungan?. Tujuan Umum penelitian adalah untuk mengetahui pola pendampingan konselor dalam menegakkan disiplin siswa kelas XI SMA N I Loura, Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan Khusus: 1. Untuk mengetahui pola pendampingan konselor bagi siswa XI SMA N I Loura, Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib berbusana. 2. Untuk mengetahui pola pendampingan konselor bagi siswa XI SMA N I Loura, Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib berbahasa. 3. Untuk mengetahui pola pendampingan konselor bagi siswa kelas XI SMA N I Loura, Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib bergaul. 4. Untuk mengetahui pola pendampingan konselor bagi siswa kelas XI SMA N I Loura, Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib waktu. 5. Untuk mengetahui pola pendampingan konselor bagi siswa kelas XI SMA N I Loura, Tahun Ajaran 2011/2012 agar tertib lingkungan. Subyek penelitian adalah, konselor sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas, dan siswa kelas XI SMA N I Loura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar studi dokumen, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil analisis data: siswa-siswi tidak tertib berbusana, tidak tertib berbahasa, tidak tertib bergaul, tidak tertib waktu, dan tidak tertib lingkungan karena siswa-siswi kurang menyadari akan arahan yang diberikan konselor sekolah. Berdasarkan hasil analisis data ditarik kesimpulan: pola pendampingan konselor untuk menegakkan disiplin siswa di sekolah sudah dilaksanakan namun masih ada siswa yang kurang mematuhi aturan yang ada di SMA N I Loura. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan kepada: 1 Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab penuh terhadap seluruh kegiatan di sekolah, diharapkan untuk mengkoordinir kegiatan-kegiatan di sekolah agar berjalan dengan baik, termasukpendampingan terhadap siswa-siswi SMA N I Loura. 2. Konselor sekolah, hendaknya membangun kerjasama dengan personil sekolah lainnya, agar kegiatan pendampingan dapat berjalan dengan baik. 3. Para guru agar dapat bekerjasama dengan konselor untuk kegiatan pendampingan sehingga siswa lebih mampu menjalankan panca tertib sekolah. 4. Para siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan segala tata tertib yang berlaku di SMA N I Loura.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:37
Last Modified: 16 Aug 2022 04:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7693

Actions (login required)

View Item View Item