Upaya Memperkenalkan Pola Permainan Trinada Pada Kelompok Sekami Minat Keyboard Stasi Santo Kristoforus Matani Penfui Kupang Dengan Lagu Model Bolehkah Yesus Melalui Metode Imitasi Dan Drill

KEO, Rayneldis Advensia Ule (2022) Upaya Memperkenalkan Pola Permainan Trinada Pada Kelompok Sekami Minat Keyboard Stasi Santo Kristoforus Matani Penfui Kupang Dengan Lagu Model Bolehkah Yesus Melalui Metode Imitasi Dan Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (583kB)

Abstract

Trinada atau Akord dalam musik adalah tiga buah not vertikal yang berjarak terst dan kwint dengan cara memainkannya secara serempak (bersamaan dalam satu hitungan). Seorang organis harus mampu menguasai dengan baik pola permainan trinada, mulai dari teknik dasar penjarian hingga mampu memainkan lagu-lagu dengan hasil yang baik. kenyataan yang sering terjadi saat ini, ada organis yang belum menyadari betul bagaimana pola permainan trinada itu sendiri sehingga ada organis masih menggunakan fitur style dalam memainkan lagu-lagu liturgi, ada juga yang sudah bisa memainkan pola permainnan trinada tetapi karena keterbatasan pengetahuan tentang teknik dasar penjarian sehingga sering mangalami kesulitan dalam menempatkan posisi jari saat memainkan alat musik keyboard. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan pola permainan trinada pada kelompok sekami minat keyboard Stasi Santo Kristoforus Matani. Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan pola permainan trinada pada kelompok sekami minat keyboard Stasi Santo Kristoforus Matani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan: Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustakan dan studi lapangan yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pola permainan trinada pada kelompok sekami minat keyboard Stasi Santo Kristoforus Matani adalah metode IMITASI dan DRILL dengan maksud agar kelompok sekami mampu memahami pola permainan trinada dengan baik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran pola permainan trinada dilakukan dalam beberapa tahap yakni: tahap awal yang merupakan tahap perekrutan kelompok sekami menjadi subjek penelitian, tahap inti yang merupakan tahap dimana kelompok sekami dilatih dalam pembelajaran teknik penjarian, pembelajaran etude-etude, dan tahap akhir merupakan tahap dimana kelompok sekami siarahkan untuk menampilkan hasil latihannya dihadapan anak-anak sekami subjek penelitian sebagai bukti proses pembelajaran pada tahap inti. Berdasakan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pola permainan trinada membawa perubahan pada peningkatan ketrampilan kelompom seekami Santo Kristoforus Matani dalam memainkan pola permainan trinada pada instrument keyboard. Metode pembelajaran ini diharapkan membantu para pendidik dalam memberikan materi dan juga dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar menjadi bekal prngrtahuan dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Permaianan, Trinada, Keyboard, Sekami, Imitasi dan Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Rayneldis Advensia Ule Keo
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:49
Last Modified: 19 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7718

Actions (login required)

View Item View Item