Evaluasi Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan (On Street Parking) terhadap Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Timor Raya Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang (Studi Kasus Hotel On The Rock - Simpang Trackindo)

ODOS, Dionesia Armenita (2022) Evaluasi Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan (On Street Parking) terhadap Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Timor Raya Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang (Studi Kasus Hotel On The Rock - Simpang Trackindo). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)

Abstract

Seiring bertambahnya kebutuhan manusia akan sarana transportasi mengakibatkan volume lalu lintas pada suatu jalan menjadi semakin besar. Masalah lain yang timbul, yaitu fasilitas parkir yang menggunakan badan jalan (on street parking). Parkir yang menggunakan badan jalan dapat menimbulkan terhambatnya arus lalu lintas dan berkurangnya tingkat pelayanan jalan. Pada umumnya, kendaraan yang parkir di pinggir jalan berada di sekitar tempat atau pusat kegiatan. Lebar jalan yang terpakai oleh kegiatan parkir tentu mengurangi kemampuan jalan tersebut dalam menampung arus kendaraan yang lewat atau dengan kata lain terjadi penurunan kapasitas ruas jalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari keberadaan parkir pada badan jalan (on street parking) terhadap kinerja lalu lintas dan untuk mendapatkan alternatif pengendalian parkir di badan jalan (on street parking) pada ruas jalan Timor Raya Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Metode yang digunakan yaitu metode analisis mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan tiga skenario maka dapat diketahui bahwa kinerja lalu lintas pada ruas jalan Timor Raya, Kecamatan Kelapa Lima sebelum adanya kegiatan parkir pada badan jalan dengan kapasitas 3063.88 SMP/jam, derajat kejenuhan 0.47 dan kecepatan arus bebas sebesar 42.32 km/jam masuk pada tingkat pelayanan dengan kategori C dimana tingkat pelayanan ini memiliki kharakteristik lalu lintas yang stabil sedangkan kinerja lalu lintas pada ruas jalan Timor Raya, Kecamatan Kelapa Lima setelah adanya parkir pada badan jalan menurun sampai kategori E dengan kapasitas jalan 1905.30 SMP/jam, derajat kejenuhan 0.76 dan kecpatan arus bebas sebesar 29.87 km/jam. Tingkat pelayanan dengan kategori ini memiliki kharakteristik lalu lintas yang buruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parkir pada Badan Jalan, Kinerja Jalan, Kapasitas, Derajat Kejenuhan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Dionesia Armenita Odos
Date Deposited: 19 Aug 2022 09:54
Last Modified: 19 Aug 2022 09:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7719

Actions (login required)

View Item View Item