NAHI, Isadora (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Ik) Pada Materi Pokok Cahaya Siswa Kelas Viiih Smp Negeri 1 Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (791kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (787kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (758kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok (IK) pada materi pokok cahaya siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Kupang. Secara spesifik tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe IK pada materi pokok cahaya; 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe IK pada materi pokok cahaya; 3)Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe IK pada materi pokok cahaya; 4) Mendeskripsikan respon siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe IK pada materi pokok cahaya; 5) Mendeskripsikan keterampilan-keterampilan kooperatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe IK pada materi pokok cahaya; 6) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe IK terhadap hasil belajar.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peneliti sendiri sebagai guru dan siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Kupang yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One- Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok (IK) dapat diterapkan pada materi pokok cahaya siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Kupang untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih optimal dan model pembelajaran kooperatif tipe IK juga berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji t data hasil perhitungan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe IK baik menggunakan program SPSS maupun secara manual diperoleh hasil yang sama yaitu thitung sebesar -37,208 dan tabel 2,045. Membandingkan thitung dan ttabel maka ttabel > thitung (2,045 > -37,208).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif, Investigasi Kelompok, Cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:43 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:43 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7729 |
Actions (login required)
View Item |