Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

MAME, Maria Virginia Itu (2017) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER dan ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung >r tabel pada taraf signifikansi 1% yang artinya ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menarik kesimpulan bahwa motivasi berprestasi memiliki hubungan dengan kemandirian belajar siswa, sehingga peneliti memberikan saran kepada 1). Guru BK diharapkan tetap memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa melalui cara-cara untuk menumbuhkan motivasi berprestasi sehingga siswa dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. 2). Guru mata pelajaran hendaknya memberikan motivasi berprestasi bagi siswa melalui pemberian tugas rumah sehingga siswa dapat meningkatkan kemandirian belajarnya.3). Siswa diharapkan untuk dapat memotivasi dirinya untuk berprestasi melalui belajar secara mandiri agar memperoleh prestasi yang baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:34
Last Modified: 05 Nov 2019 02:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item