Uji Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Swasta Sinar Pancasila Betun Tahun Ajaran 2014/2015

TAE, Adriani E. Luruk (2014) Uji Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Swasta Sinar Pancasila Betun Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (415kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Metode ini menuntut para siswa agar memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Walau demikian terhadap materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia pada siswa kelas VIII SMP Sinar Pancasila Betun belum tersedia data terkait oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Swasta Sinar Pancasila Betun Tahun Ajaran 2014/2015, yang mana desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data menunjukkan : (1) Hasil belajar siswa meningkat dari 32,38 menjadi 89,52 (2) Ketuntasan klasikal mencapai 100% (tuntas) (3) Ketuntasan indikator mencapai rata-rata 0,91(tuntas) (4) Sensitivitas butir soal 0,53≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. (5) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 93,43 (6) skor ratarata guru dalam mengelola pembelajaran dengan kategori 3,81, dan reliabilitas instrumennya 98,89. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Swasta Sinar Pancasila Betun Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:23
Last Modified: 19 Aug 2022 05:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item