Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

DAMAN, Agrifina Sariati (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses perubahan tingkah laku dari yang tidak tahu menjadi tahu dan berlangsung secara terus menerus dalam kehidupan manusia. Untuk menjadi tahu, seseorang membutuhkan orang lain. Dalam pendidikan formal seorang anak membutuhkan seorang guru untuk membimbing dan menuntunnya dalam kegiatan belajar. Proses pembelajaran saat ini memerlukan sebuah strategi mengajar baru yang lebih menekankan pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah model pembelajaranpendekatan TAI yang merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan TAI merupakan pendekatan pengajaran secara kelompok dimana terdapat seorang siswayang lebih mampu berperan sebagai asisten yang bertugas membantu teman kelompoknya secara individual bagi siswa yang kurang mampu dalam kelompok tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIIISMP Adhyaksa 2 KupangTahun Ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, tuntas 87,39% (2)Ketuntasan klasikal tuntas 95,65% (3) Rerata ketuntasan indikator 0,88 (4) sensitivitas butir soal 0,78 (5) kemampuan guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,74 (6) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dalam LKS dengan rata-rata persentase 24,09%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assiste dIndividualization (TAI) Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Pada Siswa Kelas VIII SMP Adhyaksa 2 KupangTahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Assisted Individualization, Hasil belajar, Sistem Pernapasan Pada Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:35
Last Modified: 19 Aug 2022 05:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item