Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelompok Paduan Suara Smpn 3 Golewa Dalam Membaca Solmisasi Melalui Metode Solfegio

NGALA, Reyneldis Ruto (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelompok Paduan Suara Smpn 3 Golewa Dalam Membaca Solmisasi Melalui Metode Solfegio. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal penting dalam kehidupan setiap manusia, karena dengan pendidikan akan terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Pembelajaran seni dan budaya dimaksudkan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Belajar dianggap sebagai proses perubahan perilaku yang merupakan akibat dari pengalaman dan latihan. Belajar pada intinya adalah perubahan sikap mental dalam diri seseorang setelah melakukan aktifitas tertentu. Pembelajaran (instruction) bermakna sebagai “upaya untuk membelajarkan seseorang atau kelompok orang melalui berbagai upaya dan berbagai strategi, metode dan pendekatan kearah pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Permasalahan dalam penelitian ini yakni Bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa kelompok paduan suara SMPN 3 Golewa Kabupaten Ngada membidik nada - nada natural serta membedakan nilai not dalam membaca solmisasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru meningkatkan kemampuan siswa kelompok paduan suara SMPN 3 Golewa Kabupaten Ngada membidik nada-nada natural dalam membaca solmisasi melalui metode solfegio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data ditempuh dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan penelitian dilakukan dalam empat kali pertemuan dengan materi: pertemuan pertama memberikan pemahaman tentang solmisasi, menyanyikan solmisasi interval sekonde sampai dengan interval kwint pada tangga nada C mayor, pertemuan kedua menyanyikan solmisasi interval sekst sampai dengan interval oktaf serta menyanyikan solmisasi berdasarkan nilai not, pertemuan ketiga menyanyikan solmisasi sesuai dengan partitur, pertemuan keempat menyanyikan solmisasi lagu sederhana dan tes akhir untuk semua siswa. Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam proses membaca solmisasi pada kelompok paduan suara, yaitu ketika membidik nada menurut tinggi rendah dan membaca solmisasi berdasarkan nilai not. Jalan keluar yang dilakukan adalah memainkan keyboard nada-nada setiap interval untuk membedakan tinggi rendah nada dan siswa-siswi mendengar dengan saksama, siswa-siswi menyanyikan nada-nada yang didengar, pembina dan peneliti menyanyi bersama sama dengan siswa-siswi, pembina dan peneliti memberikan latihan tambahan kepada siswasiswi yang mengalami kesulitan, Latihan dilakukan secara berulang-ulang sampai pada akhirnya semua siswa-siswi menguasai materi latihan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Pembelajaran, SMPN 3 Golewa, solfegio, solmisasi.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:28
Last Modified: 19 Aug 2022 05:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7794

Actions (login required)

View Item View Item