Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Pada Materi Sistem Pernapasan Tahun Ajaran 2012/2013

LASAR, Bonefasius Raja (2012) Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Pada Materi Sistem Pernapasan Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)

Abstract

Proses pembelajaran jaman sekarang yang terpengaruh dengan perkembangan teknologi sehingga siswa kebanyakan secara instan dalam memproses suatu pengetahuan. Hal ini akan berpengaruh juga pada proses pembelajaran tidak berlangsung secara optimal dan kurang bermakna. Pembelajaran yang bermakna dalam kelas dan membuat siswa lebih aktif dalam menkonstruksi atau membangun pengetahuannya adalah pembelajaran langsung dengan menerapkan strategi belajar peta konsep. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan strategi belajar peta konsep dengan model pembelajaran langsung efektif terhadap penguasaan konsep siswa SMPK Adisucipto Penfui-Kupang pada materi pokok sistem pernapasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi belajar peta konsep dengan model pembelajaran langsung terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pokok sistem pernapasan kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2012/2012, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitiannya adalah: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 78,75% (2) Ketuntasan klasikal 90% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,79 (4) Rata-rata sensivitas butir soal 0,36 (5) Kemampuan guru baik dengan rata-rata reliabilitasnya 97,96% (6) Aktivitas siswa baik dengan aktivitas paling menonjol adalah mendengarkan informasi yang disampaikan guru dengan rerata 36,04%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi belajar peta konsep dengan model pembelajaran langsung efektif terhadap penguasaan konsep siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013 Materi Pokok Sistem Pernapasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi belajar peta konsep, Model Pembelajaran Langsung, Penguasaan Konsep, One Group Pretest-Posttest Design.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:07
Last Modified: 23 Aug 2022 04:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item