NA’U, Getrudis W. (2012) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (577kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (300kB) |
Abstract
Perkembangan zaman yang terus berubah menuntut dunia pendidikan kita untuk melahirkan generasi yang cerdas dan mampu mengaplikasikan pengetahuannya dalam dunia riil yang dihadapinya. Karena itu, sudah seharusnya paradigma pendidikan kita mulai bergeser dari teacher centered ke student centered. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah model pembelajaran berdasarkan masalah/Problem Based Instruction (PBI). Model ini diyakini dapat membelajarkan siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah-masalah autentik dan siswa bisa lebih mengasah kemampuan berpikir kritisnya, disamping menguasai konsep esensial dari materi yang dipelajari. Akan tetapi, efektivitas model ini kembali dipertanyakan ketika subjek belajar tengah berada dalam lingkaran pesatnya perkembangan dunia yang semakin hari semakin menjadikan segala sesuatu menjadi instan dan banyak menawarkan media-media yang lebih bersifat hiburan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berdasarkan masalah dalam pembelajaran biologi materi hama dan penyakit pada tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Kupang, yang mana desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitiannya adalah: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 85,43% (2) Ketuntasan klasikal 90,47% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,86 (4) Sensitivitas butir soal 0,54 (5) Kemampuan guru sangat baik dengan skor rata-rata 3,59 (6) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi untuk memecahkan masalah yaitu mencapai 28,90% yang secara kualitatif menjawab tujuan pembelajaran dengan menggunakan model PBI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2011/2012 pada materi hama dan penyakit pada tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Paradigma teacher centered dan student centered, Problem Based Instruction (PBI), One Group Pretest-Posttest Design, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:19 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7850 |
Actions (login required)
View Item |