Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

NAUF, Selfina (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Solusi yang ditawarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Alasan penelitian belum diketahui pengaruh dari model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 10 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data melalui test dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis kemampuan guru dan aktivitas peserta didik, dan statistik inferensial yaitu uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model Problem Based Learning rata-rata pretest 35,16 dan posttest 80,33 , N-Gain 0,70 termasuk kategori tinggi.Sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung rata-rata pretest 30,66 dan posttest 67,96, N-Gain 0,60 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signifikannya 0,002 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak yaitu tidak ada Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Ha diterima, artinya ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada Materi pokok Sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Problem Based Learning, hasil belajar peserta didik, sistem pernapasan pada manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:42
Last Modified: 07 Nov 2019 03:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item