Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013

INA, Maria F. Tulit (2012) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)

Abstract

Pembelajaran yang bernaung dalam teori konstruktivisme adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Auditory Intellectualy Repetition (AIR). Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Auditory Intellectualy Repetition (AIR) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 84% (2) Ketuntasan klasikal 92% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,84 (4) Rata-rata sensitivitas butir soal 0,44(5) Kemampuan guru baik dengan rata-rata reliabilitas instrumennya 97,21% (6) Aktivitas siswa baik dengan aktivitas yang paling menonjol adalah mengerjakan LKS/berdiskusi dengan teman kelompok dengan rata-rata reliabilitas instrumennya 93,68%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan AIR efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, AIR, One Group Pretest-Posttest Design, Efektivitas, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:24
Last Modified: 23 Aug 2022 04:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item View Item