LAULANG, Normalina (2012) Efektivitas Penerapan Metode Eksperimen Melalui Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP PGRI Desa Oenoni Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2012 / 2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (131kB) |
Abstract
Model Pembelajaran Langsung adalah strategi yang berpusat pada guru yang menggunakan penjelasan dan permodelan yang berkombinasi dengan latihan dan umpan balik untuk mengajarkan konsep dan keterampilan. Model ini dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur secara baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Metode eksperimen melalui model pembelajaran langsung dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Sistem Pencernaan makanan pada manusia. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan metode eksperimen melalui model pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar Biologi siswa SMP kelas VIII di SMP PGRI Desa Oenoni Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang materi Pokok sistem pencernaan makanan pada manusia Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode eksperimen melalui model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Biologi siswa SMP kelas VIII di SMP PGRI Desa Oenoni Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini ilaksanakan di SMP PGRI Desa Oenoni Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII A. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dengan statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa rata-rata pada pretest 35% dan pada postets rata-rata 82% dari hasil ini terjadi peningkatan sebesar 47%. (2) Ketuntasan hasil belajar berdasarkan acuan Depdiknas 2003 yakni ≥ 75 % dan sesuai dengan SKM sekolah ≥ 60% menunjukkan bahwa dari 23 orang peserta yang menjadi subjek penelitian, 3 orang siswa dinyatakan tidak tuntas berdasarkan acuan depdiknas 2003 dan berdasarkan SKM SMP PGRI, 2 orang peserta dinyatakan tidak tuntas, ini menunjukkan ketuntasan klasikal 87%. (3) Ketuntasan indikator rata-rata 0,81, (4) Sensitivitas butir soal 0,47, (5) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol pada saat mengamati suatu objek percobaan yaitu 16,53%, (6) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa rata-rata 81,7%, (7) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik dengan skor 3,75 (8) Reliabilitas instrumen kemampuan guru rata-rata 98,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen melalui model pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP PGRI Oenoni Kabupaten Kupang Tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Model Pembelajaran Langsung, One Group Pretest-Posttest Design, hasil belajar, Efektivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:28 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:28 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7877 |
Actions (login required)
View Item |