Pengaruh Sikap Demokrasi Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuari Terbimbing Siswa Kelas XI IPA I SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

BETE, Yuliana (2019) Pengaruh Sikap Demokrasi Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuari Terbimbing Siswa Kelas XI IPA I SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir pada level yang kompleks, untuk melakukan analisis, menciptakan dan menggunakan kriteria secara obyektif, dan melakukan evaluasi data. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) merupakan proses berpikir yang mengharuskan pemikir untuk memanipulasi informasi dan ide-ide dalam cara tertentu yang memberi mereka pengertian dan implikasi baru. Pendekatan Inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok laju reaksi, mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) siswa, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar kimia, mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) serta pengaruh keduanya terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok laju reaksi siswa Kelas XI IPA 1 SMAK CINT KAROLUS Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 SMAK CINT KAROLUS Kupang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing efektif yakni a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,68. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi kedua aspek : (KI-3) tuntas dengan nilai 0,91, (KI-4) tuntas dengan nilai 0.89. c) Ketuntasan hasil belajar meliputi : Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 90,11, KI-2 sebesar 86,07, KI-3 sebesar 86,71, KI-4 sebesar 88,11. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 1 SMAK CINT KAROLUS Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori kemampuan berpikir kritis yang tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 78,66%. (3) Kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) siswa kelas XI IPA 1 SMAK CINT KAROLUS Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) yang tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 76,86%. (4) a,b,c) Ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking) dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar dalam menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing yang ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,429, 0,53 dan 0,573. (5) a,b,c) Ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking) dan pengaruh keduanya terhadap hasil belajar dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok laju reaksi SMAK CINT KAROLUS Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi bertutut-turut sebagai berikut: Ŷ= , Ŷ= + X, Ŷ= Dengan melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking) siswa serta pendekatan inkuiri terbimbing ada hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana kemampuan berpikir kritis seorang siswa dan bagaimana seorang individu mampu membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking) yang baik dalam dirinya dengan didukung pendekatan inkuiri terbimbing sehingga hasil belajar yang dicapai bisa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Demokrasi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking), Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 01:25
Last Modified: 08 Nov 2019 01:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item