Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Melalui Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI II S1 SMAN 9 Kupang Tahun Pelajaran2018/2019)

SEDO, Elisabeth Ica (2019) Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Melalui Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI II S1 SMAN 9 Kupang Tahun Pelajaran2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah teknik restrukturisasi kognitif melalui konseling kelompok efektif untuk mereduksi kecemasan sosial pada siswa kelas XI IIS1 SMA Negeri 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian adalah : “untuk mengetahui efektivitas teknik restrukturisasi kognitif melalui konseling kelompok untuk mereduksi kecemasan sosial pada siswa kelas XI IIS1 SMA Negeri 9 Kupang tahun pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian praeksperimen. Alat Pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan sosial. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung sebesar 19,107 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 3,707. Dengan demikian nilai thitung > nilai ttabel. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik restrukturisasi kognitif melalui konseling kelompok efektif mereduksi kecemasan sosial siswa kelas XI IIS1 SMA Negeri 9 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1). Kepala Sekolah selaku penanggung jawab sekolah diharapkan agar meningkatkan kerja sama dengan guru BK di sekolah untuk mendampingi siswa dalam mereduksi kecemasan sosial siswa di sekolah. 2). Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif kepada siswa yang mengalami kecemasan sosial. 3). Siswa diharapkan agar lebih aktif mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif yang disediakan di sekolah untuk mereduksi kecemasan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 01:28
Last Modified: 08 Nov 2019 01:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item