Analisis Dampak Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Daya Dukung Dan Daya Tampung Kawasan Di Jl. Frans Lebu Raya Kota Kupang

GORE, Maria Millenia Ngguwa (2022) Analisis Dampak Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Daya Dukung Dan Daya Tampung Kawasan Di Jl. Frans Lebu Raya Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)

Abstract

Perubahan penggunaan lahan tidak bisa dihindarkan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Sehingga berpengaruh terhadap daya dukung dan daya tampung pada suatu kawasan yang mendapat perubahan. Salah satunya adalah pada kawasan Jl. Frans Lebu Raya Kota Kupang. Akibat yang ditimbulkan karena perubahan tata guna lahan seperti pertambahan jenis, jumlah, skala serta kerapatan lokasi aktivitas sosial ekonomi sehingga besarnya perjalanan yang dibangkitkan oleh dan ditarik ke kawasan tersebut, sehingga meningkatnya hambatan samping dan volume lalu lintas yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan lalu lintas seperti kemacetan, meningkatnya kadar polutan dan tingginya derajat kejenuhan apabila kapasitas jalan tidak memenuhi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kegiatan sosial ekonomi yang menyebabkan perubahan tata guna lahan dan mengetahui kondisi daya dukung dan daya tampung awasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Jl. Frans Lebu Raya merupakan jalan 2/2 UD, lebar badan jalan 9 m, lebar bahu jalan 2 m. Pola penggunaan lahan untuk segmen I, segmen II, segmen IV, segmen V dominan terdapat pusat perdagangan dan tempat makan sehingga volume lalulintas tertinggi yaitu pada hari Sabtu, Sedangkan Untuk segmen III volume lalu lintas tertinggi pada hari Senin karena pada segmen ini lebih banyak perkantoran dibandingkan segmen lainnya. Dan untuk polusi udara tiap segmen masuk dalam kategori baik karena sesuai dengan kategori dan rentang ISPU. Hambatan samping pada segmen I, II, IV tinggi sehingga dilakukan Andalalin sedangkan hambatan samping untuk segmen III dan V sedang sehingga tidak dilakukan Andalalin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tata Guna Lahan, Daya Dukung dan Daya Tampung, Derajat Kejenuhan, Polusi Udara
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T MARIA MILLENIA NGGUWA GORE
Date Deposited: 28 Aug 2022 09:59
Last Modified: 28 Aug 2022 09:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item