Komunikasi Antar Pribadi (Studi Kasus Kompetensi Komunikasi Antara Penjual Dengan Pembeli Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Kasih Naikoten I Kupang)

COSTA, Silvia Da (2011) Komunikasi Antar Pribadi (Studi Kasus Kompetensi Komunikasi Antara Penjual Dengan Pembeli Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Kasih Naikoten I Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (65kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”KOMUNIKASI ANTAR PRIBDI (studi kasus kompetensi komunikasi antara penjual dengan pembeli dalam transaksi jual beli di pasar kasih naikoten I kupang)”. Pemilihan judul ini tersebut di sebabkan karena komunikasi antar penjual dengan pembeli saat transaksi jual beli menunjukkan pula kompetensi komunikasi.Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil studi awal bahwa terdapat salah satu fenomeana komunikasi yang terjadi dalam transaksi jual beli di pasar tadisional adalah proses komunikasi yang mengandung kompetensi komunikasi antar penjual dengan pembeli. Oleh karena itu, penulis merumuskannya dalam rumusan masalah yakni bagaimana kompetensi komunikasi antara penjual dengan pembeli saat berlangsungnya transaksi jual beli di pasar kasih naikoten I kupang. Berdasarkan rumusan masalah tersebut,maka tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang kompetensi komunikasi antara penjual denga pembeli saat transaksi jual beli di pasar kasih naikoten kupang. Sedangkan, kegunaan dari penelitian ini adalah mengidentifikasikan aspek-aspek kompetensi komunikasi antara penjual dengan pembeli dalam transaksi jual beli dan dapat memotivasi para mahasiswa/I ilmu komunikasi dalam melaksanakan penelitian tentang kompetensi komunikasi. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah competency theory. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.oleh karean itu, langkahlangkah selanjutnya dalam metodologi penelitian mengikuti prosedur metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, maka di ketahui bahwa kompetensi komunikasi penjual dan pembeli lebih menonjolkan aspek keterampilan dalam berkomunikasi saatberlangsungnya transaksi jual beli pada saat pendekatan awal dan proses komunikasi.dengan pemahaman terdapat aspek ketrampilan yang dimiliki,dapat dikaji aspek motivasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh penjual dan pembeli. Sedangkan, hasil interpretasi data menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi antara penjual dengan saat transaksi jual beli menunjukkkan suatu pola komunikasi atar pribadi yang khas sebagai suatu pola komunikasi antar pribadi, proses komunikasi yang berlangsung menunjukkan sifat komunikasi yang relasional, memiliki fungsi komunikasi ekonomi dan sosial, menimbulkan efek dalam diri penjual dan pembeli. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kompetensi komunikasi yang ditunjukkan antara penjual dengan dalam transaksi jual beli berbeda-beda yang menunjukkan pola komunikasi antar pribadi yang khas. Penulis menyarankan agar poses komunikasi yang berlangsung sebaiknya diarahkan pada keteatan pada konvensi sosial, sehingga suasana komunikasi dapat berlangsung secara baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:00
Last Modified: 30 Aug 2022 01:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8063

Actions (login required)

View Item View Item