Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Materi Pokok Gaya Dan Hukum Newton Pada Siswa Kelas VIIIA Semester Ganjil SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah Tahun Ajaran 2011/2012

SERAN, Mariette Evelyn (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Materi Pokok Gaya Dan Hukum Newton Pada Siswa Kelas VIIIA Semester Ganjil SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil yang jumlah anggota tiap kelompok 4-6 orang siswa secara heterogen. Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok siswa dilibatkan dalam perencanaan pada topik yang akan dipelajari yakni guru menyiapkan topik untuk dipelajari dan siswa memilih sendiri topik tersebut sebelum memulai investigasi. Secara terperinci masalah penelitian dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok? (2) Bagaimana keterampilan kooperatif siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok? (3) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe investigasi kelompok? (4) Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok? (5) Bagaimana respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok? Dari permasalahan di atas, maka tujuan yang hendak dicapai adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. (2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. (3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. (4) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (5) Mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIIIA semester ganjil SMP Swadaya Tarus Kupang Tengah tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 orang. Perangkat yang digunakan adalah Bahan Ajar Siswa, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa dan Kisi-kisi Tes Hasil Belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. (2) lembar pengamatan keterampilan kooperatif siswa, (3) Tes Hasil Belajar (4) angket respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Data pengamatan dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dan tes hasil belajar dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada materi pokok Gaya dan Hukum Newton berada pada kategori baik dengan total skor 3.53. (2) Keterampilan kooperatif siswa yaitu berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, bertanya atau menjawab dan mendengarkan dengan aktif berada pada rentang ideal yang ditetapkan. (3) Indikator Hasil Belajar (IHB) yang dicapai siswa pada mata pelajaran Fisika, materi pokok Gaya dan Hukum Newton dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi 0,83.(4) Hasil belajar siswa pada umunya tuntas dengan rata-rata proporsi jawaban benar siswa 0,82. (5) Respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk setiap aspek perasaan, pendapat dan motivasi pada umumnya bernilai positif karena lebih dari 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:10
Last Modified: 30 Aug 2022 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8079

Actions (login required)

View Item View Item