PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI KARIER DAN IMPLIKASINYA BAGI PERENCANAAN KARIER SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

GAY, Antonius Gani (2018) PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI KARIER DAN IMPLIKASINYA BAGI PERENCANAAN KARIER SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana pelaksanaan layanan informasi karier pada siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018? b) Bagaimana implikasinya bagi perencanaan karier siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian adalah a) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi karier pada siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018 dan b) Untuk mengetahui implikasi pelaksanaan layanan informasi karier bagi perencanaan karier siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpul data penelitian ini berupa pedoman wawancara dan lembar studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teknik pengujian keabsahan data adalah Triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan layanan informasi karier di kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kupang relatif baik, hal ini dapat dilihat dari materi layanan yang diberikan yaitu informasi tentang pemilihan jurusan, informasi studi lanjut dan informasi dunia kerja; strategi yang digunakan berupa bimbingan klasikal, metode yang digunakan yitu ceramah, diskusi dan penugasan, dan media yang digunakan berupa poster atau gambar-gambar. 2) Pelaksanaan layanan informasi karier memberikan kemudahan bagi siswa agar dapat mempersiapkan diri memasuki perguruan tinggi dan dunia kerja yang akan mereka pilih. Berdasarkan hasil penelitian di atas, Peneliti mengajukan beberapa saran kepada 1) Kepala sekolah, selaku pimpinan sekolah agar lebih mengkoordinir kegiatan guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi karier kepada siswa, 2) Guru BK agar selalu lebih aktif lagi dalam pelaksanaan layanan informasi karier kepada siswa guna membantu siswa sebagai upaya dalam memaksimalkan perencanaan kariernya, 3) Siswa-siswi supaya menyadari betapa pentingnya layanan informasi karier untuk merencanakan karier sesuai dengan bakat dan keterampilan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:39
Last Modified: 07 Aug 2019 04:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item