Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Cahaya Pada Siswa Kelas VIIIA Semester Genap SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah Tahun Ajaran 2010/2011

SERAN, Mariana (2011) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Cahaya Pada Siswa Kelas VIIIA Semester Genap SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah Tahun Ajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)

Abstract

Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar berdasarkan permasalahan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan ketrampilan berpikir tingkat tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri serta mengembangkan pola berpikir kritis. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah materi pokok Cahaya yang sangat dekat kaitannya dengan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) dalam Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Cahaya pada Siswa Kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah? Spesifikasi dari permasalahan tersebut adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi pokok Cahaya? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar mata pelajaran fisika, materi pokok Cahaya pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah? 3) Bagaimana hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah? 4) Bagaimana respon siswa kelas VIIIA SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah terhadap proses pembelajaran yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah? Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) dalam Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Cahaya pada Siswa Kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Cahaya. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar mata pelajaran fisika, materi pokok Cahaya pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah. 3) Mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas VIIIA SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 4) Mengetahui respon siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah terhadap proses pembelajaran yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII A semester genap SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: Lembar Pengamatan Pengelolaan Pelaksanaan Pembelajaran, Kisi-kisi THB, Lembar Penilaian Hasil Belajar Psikomotorik dan Angket Respon Siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung skor rata-rata, skor proporsi dan persentase. Dari hasil analisis deskriptif, hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang berkualitas terhadap kelangsungan proses pembelajaran fisika materi pokok Cahaya pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah tahun ajaran 2010/2011. Secara terperinci, kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Guru mampu mengelola dengan baik pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction). 2) Indikator hasil belajar yang disiapkan dalam kegiatan pembelajaran rata-rata tuntas dengan proporsi ketuntasan untuk indikator hasil belajar produk 0,80 dan indikator hasil belajar proses adalah 0,76. 3) Pencapaian hasil belajar fisika materi pokok Cahaya pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah adalah tuntas. Tingkat pencapaian rata-rata untuk tes hasil belajar produk 0,80 dan tes hasil belajar proses adalah 0,76. Selain itu, siswa juga tuntas dalam belajar dinilai dari aspek psikomotor yang hasilnya 0,79. 4) Respon siswa kelas VIII A SMP Swasta Swadaya Tarus Kupang Tengah terhadap proses pembelajaran Fisika materi pokok Cahaya yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) secara keseluruhan adalah baik atau positif dan memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 31 Aug 2022 00:14
Last Modified: 31 Aug 2022 00:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

View Item View Item