Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIA Semester Ganjil SMPS Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2012/2013

GAE, Maria Konstantina Wulu (2012) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIA Semester Ganjil SMPS Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan suatu teknik dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam menghadapi suatu masalah secara langsung atas campur tangan guru. Maksud utama pendekatan inkuiri terbimbing adalah mendorong peserta didik mengembangkan keterampilan-keterampilan untuk menyelidiki sejumlah informasi dalam rangka mencari pemecahan masalahnya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan guru sehingga kesimpulan akan lebih cepat dan mudah diambil. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA semester ganjil SMPS Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2012/2013? Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana? 3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIII A semester ganjil SMPS Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2012/2013. Secara spesifik tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana. 3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pesawat sederhana. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIII A SMPS Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-Kisi dan Tes Hasil Belajar (THB). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (THB) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan pendekatan inkuiri terbimbing adalah baik untuk materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMPS Diakui Adhyaksa 2 Kupang yang berjumlah 26 orang. Secara terperinci sebagai berikut: 1) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing yang meliputi: perencanaan, evaluasi dan pelaksanaan pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik dengan skor ratarata secara berturut-turut adalah: 3,80; 3,90; dan 3,64. 2) Indikator Hasil Belajar (produk, proses, afektif dan psikomotor) yang disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ketuntasan berturut-turut 0,86; 0,83; 0,81; 0,82 3) Hasil belajar fisika peserta didik (produk, proses, afektif dan psikomotor) pada umumnya tuntas dengan proporsi rata-rata berturut-turut adalah 0,85; 0,86; 0,85; dan 0,83. 4) Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing berada dalam kategori sangat baik karena berada pada rentang skor 81% -100% dengan rata-rata capaian indikator untuk keseluruhan aspek sebesar 89,9% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 31 Aug 2022 00:17
Last Modified: 31 Aug 2022 00:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8111

Actions (login required)

View Item View Item