Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Wujud Aktualisasi Diri Di Dunia Maya(Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Unwira)

NAISABAN, Stevanus (2019) Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Wujud Aktualisasi Diri Di Dunia Maya(Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Unwira). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (26kB)

Abstract

Adapun alasan penulis melakukan penelitian ini yaitu didasarkan pada pengamatan awal penulis tentang fenomena Tik Tok di media sosial whastapp di Kota Kupang, pada tanggal 10 April 2018 sampai dengan 17 april 2018, penulis menemukan hampir semua pengguna whastapp yang terhubung dengan penulis setiap harinya memuat stori video musik Tik Tok.Hampir semua yang memuat stori video musik dengan logo Tik Tok adalah mahasiswa dan salah satu fenomena viral Tik Tok yang dimuat pada situs Liputan 6.com zitisen 6 pada tanggal 13 maret 2018 yakni unggahan video tik tok seorang remaja ketika kakeknya meninggal. Video dengan durasi 15 detik yang menampilkan remaja perempuan yang sedang mengekspresikan dirinya memainkan tangan seperti gerakan menari sambil diiringi musik. Tidak lama setelah itu remaja dalam video kemudian memeluk jasad kakeknya. Fenomena yang terjadi ini membuktikan bahwa pengguna Tik Tok selalu ingin mengaktualisasikan diri dimanapun dan kapan tanpa memperhitungkan kondisi dan situasi dirinya di dunia maya. Dengan adanya penelitian ini, perumusan masalah yang dibangun penulis adalah Bagaimana Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Wujud Aktualisasi Diri di Dunia Maya? Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui fenomena mahasiswa menggunakan aplikasi Ti Tok sebagai wujud aktualisasi diri di dunia maya dan bertujuan untuk mendapat pengetahuan mengenai komunikasi sebagai wujud aktualisasi diri mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi secara langsung. Informan dalam penelitian ini berjudul 4 orang mahasiswa/i program studi ilmu komunikasi. Dan indikator yang digunanakan dalam penelitian ini adalah hubungan interpersonal dan kreativitas. Dari hasil penelitian tergambar jelas bahwa mahasiwa/i yang menggunakan aplikasi tik tok sebagai wujud aktualisasi diri di dunia maya, keempat informan berusaha bagaimana cara mereka dalam membangun hubungan yang baik dengan follower di dunia maya dengan cara saling mengomentari, like postingan, membalas pesan, komunikasi yang baik. dan cara yang mereka lakukan adalah cara yang tepat dalam membangun hubungan baik dengan pengguna lain di dunia maya maupun kehidupan kita sehari hari yang kita lakukan, alami dengan masyarakat sekitar. Selain itu juga hal kreativitas dari keempat informan yang dapat menciptakan sebuah hal kreatif seperti humor dan lipsing untuk diaktualisasikan didunia maya dapat menarik perhatian pengguna lain didunia maya karena sangat menghibur dan menunjukan bahwa apa yang mereka lakukan di dunia maya sama seperti yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian, dapat penulis simpulkan bahwa penggunaan aplikasi tik tok sebagai wujud aktualisasi diri di dunia maya sangat bermamfaat karenadapat menjalin hubungan interpersonal yang baik dan sangat kreatif dalam menciptakan suatu konten yang baik dalam menggunakan aplikasi tersebut dalam dunia maya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:28
Last Modified: 08 Nov 2019 03:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item