Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 3 Amarasi Timur

BENU, Sarly Esy (2017) Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 3 Amarasi Timur. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB V-dp.pdf

Download (98kB)

Abstract

Tujuan dilakukan penitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Amarasi Timur, untuk mengetahui pengaruh ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Amarasi Timur, dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Amarasi Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Amarasi Timur dengan sampel penelitiannya terdiri atas satu kelas yang diambil dengan menentukan kelas dengan menggunakan teknik sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan alat tes baku, angket, dan tes prestasi belajar matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum melakukan analisis statistik, diadakan pengujian persyaratan analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Analisis data yang dilakukan menggunakan program SPSS 22,0 for windows. Berdasarkan analisis uji regresi berganda, maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sosial dan ekonomi keluarga mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan persamaan regresi Y = 35,737 +0,272X1 +0,255X2. Fhitung = 9,734 > 2,068 = Ftabel maka terima H0, artinya ada pengaruh antara lingkungan sosial dan ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Amarasi Timur. Berdasarkan hasil SPSS 22,0 for windows, uji F lingkungan sosial dam ekonomi keluarga mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dan secara uji t lingkungan sosial dan ekonomi keluarga mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dengan demikian, dengan adanya pengaruh antara lingkungan sosial dan ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa, maka diharapkan kepada pihak-pihak yang terkait agar dapat menunjang aktifitas siswa, baik di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah, maupun di lingkungan masyarakat sehingga dapat membantu siswa memperoleh prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:31
Last Modified: 08 Nov 2019 03:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item