Efektifitas Penerapan Teknik Self Management Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

NILLAN, Kristina Kese (2019) Efektifitas Penerapan Teknik Self Management Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik self management melalui konseling kelompok efektif meningkatkan kontrol diri pada siswa kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Penfui tahun pelajaran 2018 / 2019 ?. Berdasarkan permasalahan ini maka tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk meningkatkan kontrol diri siswa kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Penfui tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-ekperimen. Instrumen pengumpuldata adalah angket kontrol diri dan instrumen perlakuan adalah pedoman penerapan teknik self management melalui konseling kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung sebesar 23,666 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 1 % sebesar 4,032. Dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik self management melalui konseling kelompok efektif meningkatkan kontrol diri siswa kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Penfui . Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1)Kepala sekolah, diharapkan untuk meningkatkan kerja sama dengan semua pihak baik konselor sekolah maupun guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan – kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik self managementuntuk meningkatkan kontrol diri siswa. 2) Guru bimbingan dan konseling, diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan kontrol diri siswa.3) Wali kelas, diharapkan agar meningkatkan kerja sama dengan konselor sekolah untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kontrol diri. 4) Siswa,agar terlibat aktif dalam memanfaatkan setiap layanan bimbingan dan konseling dengan teknik self management yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kontrol diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:34
Last Modified: 08 Nov 2019 03:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item