Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIB SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

RATU, Rian Rimba Weni (2019) Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIB SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra – eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument perlakuan yakni pedoman pelaksanaan teknik modeling simbolis melalui bimbingan kelompok dan instrument pengumpul data yang digunakan adalah angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,574 dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 3,707. Dengan demikian berdasarkan kaidah penelitian yakni jika nilai t hitung > t tabel maka dapat dikatakan bahwa hasil uji beda rata-rata pretest dan posttest sangat signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain “penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIB SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2018/2019” Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada :1.Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK, guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis agar dapat membantu siswa meningkatkan motivasi belajarnya. 2). Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 3). Guru mata pelajaran diharapkan Agar dapat memanfaatkan informasi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sehinga dalam pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi yang memungkinkan peningkatan motivasi belajar siswa.. 4). Siswa agar secara sadar memanfaatkan setiap layanan bimbingan dan konseling dengan teknik modeling simbolis yang diberikan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:37
Last Modified: 08 Nov 2019 03:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item