Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

ARI, Almira Wula (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)

Abstract

yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya hasil belajar. Rendahnya hasil belajar berkaitan dengan faktor keterampilan berpikir kritis. Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMPN 12 Kupang Tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Desain yang digunakan adalah pratest-pascattest dengan kelompok pengendali tidak diacak. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E dan peserta didik kelas VIII F yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dimana nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dari 58.80 naik menjadi 84.31, sedangkan rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran langsung dari 48.67 naik menjadi 63.43. Untuk keterampilan berpikir kritis peserta didik, pada kelas yang diterapkan model Problem Based Learning, terdapat 23 peserta didik dengan kriteria keterampilan berpikir kritis tinggi, sedangkan pada kelas dengan pembelajaran langsung hanya 4 peserta dengan kriteria tinggi. Aktivitas pesrta didik dengan menerapkan model problem based learning berada pada kategori baik dengan rata-rata reliabilitas 83 sedangkan aktivitas peserta didik dengan pembelajaran langsung dengan rata-rata 78,96. Kemampuan guru dengan problem based learning mendapat skor rata-rata reliabilitas 98,77 sedangkan kemampuan guru dengan model pembelajaran langsung dengan rata-rata 97.29 Uji normalitas berdistribusi normal, dimana nilai probabilitas lebih besar dari taraf signifikan. Uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih besar dari taraf signifikan. Pada uji anacova angka signifikasinya lebih kecil dari taraf signifikan, sehingga H0 ditolak dan HA diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMPN 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, berpikir kiritis, hasil belajar, sistem ekskresi pada manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:49
Last Modified: 08 Nov 2019 03:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item