Evaluasi Geometrik Jalan Ruas Jalan R. A. Kartini, Kota Kupang, Provinsi NTT (STA 0 + 000 – STA 0 + 400)

REBHUNG, David Kenichi (2015) Evaluasi Geometrik Jalan Ruas Jalan R. A. Kartini, Kota Kupang, Provinsi NTT (STA 0 + 000 – STA 0 + 400). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (303kB)

Abstract

Ruas Jalan R. A. Kartini Kota Kupang Provinsi NTT adalah ruas jalan perkotaan jenis kolektor, salah satu lokasi yang mengalami kerusakan adalah pada ruas jalan STA 0+000 – STA 0+400 yang menyebabkan timbulnya rasa ketidaknyamanan bagi pengguna ruas jalan. Fakta visual adalah pada ruas jalan yang dimaksud mengalami permasalahan jarak pandang. Dari hasil analisa dengan melakukan proses evaluasi tingkat pelayanan dan geometrik jalan, melalui pengolahan lalulintas harian rata-rata (LHR), data kecepatan, serta data kontur dan trase, ruas Jalan R. A. Kartini Kota Kupang Provinsi NTT, STA 0+000 – STA 0+400 merupakan ruas jalan dengan tingkat pelayanan C yakni stabil, dimana kecepatan dikontrol oleh lalu lintas, serta derajat kejenuhan (Q/C) sebesar 0,60. Dengan menggunakan data kecepatan, melalui perhitungan kecepatan rata-rata rencana didapatkan kecepatan rencana yang dipakai dalam mengevaluasi kondisi geometrik jalan adalah 60 km/jam. Dari evaluasi geometrik tersebut keempat tikungan pada alinyemen horizontal yang merupakan tikungan Spiral-Spiral (SS) mengalami permasalahan pada superelevasi existing ruas jalan serta lebar perkerasan pada daerah tikungan, dan pada alinyemen vertikal mengalami permasalahan jarak pandang baik jarak pandang henti (JPH) dan jarak pandang menyiap (JPM) pada lengkung vertikal cembung STA 0+166,6622, serta kelandaian pada alinyemen vertikal ruas jalan. Dari permasalahan yang ditemukan dalam proses evaluasi geometrik ruas jalan, maka dilakukan perencanaan geometrik perbaikan ruas jalan baik pada alinyemen horizontal superelevasi dan pelebaran perkerasan daerah tikungan, serta pada alinyemen vertikal merencanakan kembali kelandaian memanjang ruas jalan dimana terdapat lengkung vertikal cekung pada STA 0+100.0000 dan STA 0+321.2986 serta lengkung vertikal cembung pada STA 0+244.9967. Pada perencanaan geometrik perbaikan ruas jalan tersebut, dari proses koordinasi alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal didapatkan daerah galian dan timbunan, dimana volume galian 939.6633 m³ dan timbunan 896.9397 m³. Dari hasil analisis dan pembahasan, serta kesimpulan yang ada maka disarankan terlebih dahulu perlu diketahui tingkat pelayanan dan kecepatan rencana sebelum melakukan evaluasi alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal ruas jalan, sehingga alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal dapat menghasilkan ruas jalan dengan tingkat pelayanan yang baik serta dengan kecepatan berkendara sesuai kecepatan rencana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pelayanan, Kecepatan Rencana, Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Sep 2022 00:46
Last Modified: 02 Sep 2022 00:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item