Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Dengan Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

NGINU, Maria Florida (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Dengan Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian ditemukan beberapa masalah yaitu rendahnya hasil belajar IPA Terpadu peserta didik. Hal tersebut dikarenakan ada guru (baik itu guru mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lainnya) walaupun dalam RPP yang disusun menggunakan model pembelajaran yang inofatif namun dalam pelaksanaannya lebih dominan menggunakan model pembelajaran langsung. Salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah ini dengan menerapkan pembelajaran inovatif sehingga tercapainya standar proses pembelajaran. Peneliti menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP SMP katolik Giovanni Kupang pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, yang dilakukan pada dua kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas sampel yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sedangkan kelas kontrol adalah kelas sampel yang digunakan sebagai perbandingan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.Teknik Pengumpulan data melalui test dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis kemampuan guru dan aktivitas peserta didik, dan statistik inferesisal yaitu uji anacova untuk menguji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model Problem Based Learning rata-rata pretest 39,13 dan posttest 81,03, N-Gain 0,75 termasuk kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung rata-rata pretest 45,85 dan postest 75,51, N-Gain 0,43 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signikansinya 0,001 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak yaitu tidak ada Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Ha diterima, artinya ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Dengan Materi pokok Sistem Ekskresi pada manusia Di SMP Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Problem Based Learning, hasil belajar peserta didik, sistem ekskresi pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:31
Last Modified: 08 Nov 2019 04:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item