LAWE, Klaudius Sigfrid (2014) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengaransemen Lagu Bagimu Negeri Dengan Teknik Kontramelodi Untuk Permainan Pianika Pada Kelas VIII A SMPK St. Agustinus Adisucipto Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (46kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
Abstract
Proses pembelajaran seni budaya di kelas VIII A SMPK St. Agustinus Adisucipto Kupang dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif hendaknya membuat siswa-siswi saling bekerja sama dan aktif. Penerapan pembelajaran kooperatif memberikan program belajar secara berkelompok untuk mencapai tujuan bersama pada pemahaman materi sehingga adanya pemerataan dan pemahaman. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan mengaransemen lagu Bagimu Negeri dengan teknik kontramelodi untuk permainan pianika pada kelas VIII A SMPK St. Agustinus Adisucipto Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan mengaransemen lagu Bagimu Negeri dengan teknik kontramelodi untuk permainan pianika pada kelas VIII A SMPK St. Agustinus Adisucipto Kupang Tahun Ajaran 2014/2015, terlihat pada kemampuan peneliti dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan data-data hasil penelitian. Agar tujuan penelitian ini bisa dicapai maka peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif serta pemahaman siswa dalam materi, dan teknik yang digunakan adalah 1) pengamatan dan observasi, 2) tes, 3) wawancara 4) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif pada materi mengaransemen lagu dengan teknik kontramelodi untuk permainan pianika pada kelas VIII Agustinus SMPK Adisucipto Kupang Tahun Ajaran 2014/2015 ditempuh melalui langkah-langkah sebagai berikut, pertama siswa dijelaskan mengenai hal teoritis tentang interval, akor, dan teknik aransemen dengan pendekatan paralel, oblik dan kontrari. Selanjutnya siswa dibagikan secara berkelompok untuk mengaransemen lagu Bagimu Negeri, dan dalam kelompok siswa-siswi saling membantu utuk menghasilkan aransemen lagu sesuai dengan feeling akor yang dirasakan. Dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam mengaransemen lagu Bagimu Negeri dari siklus 1 sampai ke siklus 3 peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif pada kelas VIII A SMPK St. Agustinus Adisucipto Kupang dapat dikatakan berhasil pada materi mengaransemen lagu dengan teknik kontramelodi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, peningkatan kemampuan, teknik aransemen, kontramelodi, lagu Bagimu Negeri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.KM Ustyn Ceme |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 00:18 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 00:18 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8336 |
Actions (login required)
View Item |