Efektivitas Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Materi Pokok Kepolaran Senyawa Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

BITUTU, Marselina (2019) Efektivitas Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Materi Pokok Kepolaran Senyawa Pada Siswa Kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

Pendekatan saintifik (scientific approach) merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati(untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan dan merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikankonsep, hukum atau prinsip yang ditemukan Masalah pokok dalam efektifitas penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran kimia materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 semester genap SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019, secara spesifik dapat dirincikan sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 ? 3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar kimia dalam pembelajaran yang menarik pendekatan saintifik pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 ? Berdasarkan rumusan masalah,maka untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran kimia materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 semester genap SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019, secara spesifik tujuan dapat dirincikan sebagai berikut: 1) Mengetahui kemampuan guru dalam mengelolah proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mengetahui ketuntasan indikator dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 Dari Analisis data dipeoleh: Penerapan pendekatan saintifik efektif pada mata pelajaran kimia dalam materi pokok kepolaran senyawa siswa kelas X IPA 2 semester genap SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019, kesimpulan ini dapat dirincikan sebagai berikut: 1) Guru mampu dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Saintifik pada materi pokok kepolaran senyawa yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,8 dan termasuk dalam kategori baik. 2) Ketuntasan Indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Saintifik meliputi: a.Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) diperoleh dari soal essay test dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0,96. b. Ketuntasan indikator hasil belajar keterampilan (KI-4) diperoleh dari rata-rata indikator psikomotor sebesar 0,87, THB proses sebesar 0,94, presentase sebesar 0,87, dan portofolio sebesar 0,83 dinyatakan tuntas. 3) Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Saintifk meliputi: a. Ketuntasan hasil belajar pengetahuan (KI-3) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 0,96.b.Ketuntasan hasil belajar keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 0,88.c. Ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dinyatakan tuntas dengan nilai sebesar 0,86.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 05:38
Last Modified: 08 Nov 2019 05:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item