Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koordinasi Di SMA Negeri 5 Kupang

ZOULON, Yohanes Ivaldus (2022) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koordinasi Di SMA Negeri 5 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik salah satunya disebabkan karena proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru sebagai pengajar. Kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran menyebabkan konsep-konsep materi tidak dipahami dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kelas yaitu model discovery learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada materi Sistem Koordinasi di SMA Negeri 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest 41,86 meningkat menjadi 80,31 setelah diberi posttest. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest 45,47 meningkat menjadi 74,11 setelah diberi posttest. Jumlah peserta didik yang tuntas pada kelas eksperimen adalah 83,33% dan yang tidak tuntas berjumlah 16,67%.Pada kelas kontrol jumlah peserta didik yang tuntas adalah 58,33% dan yang tidak tuntas berjumlah 41,67%. Berdasarkan hasil uji anacova satu arah diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,000 lebih kecil dari nilai yang ditetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) diterima dan H0 (model discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) ditolak. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem koordinasi di SMA Negeri 5 Kupang. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil belajar, Materi Sistem Koordinasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Materi Sistem Koordinasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Yohanes Ivaldus Zoulon
Date Deposited: 06 Sep 2022 00:27
Last Modified: 06 Sep 2022 00:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8420

Actions (login required)

View Item View Item