Analisis Profil Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Wisata Kuliner Di Oepoi Kota Kupang

SUTAL, Disa Venalia (2019) Analisis Profil Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Wisata Kuliner Di Oepoi Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstraksi.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (104kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah gambaran tentang jenis usaha, lokasi usaha, sewa tempat usaha, fasilitas, tenaga kerja, harga jual,omzet penjualan, dan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Wisata Kuliner Oepoi di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan alat analisis adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dan pembagian kuisioner yang dilakukan terhadap para pedagang di Wisata Kuliner Oepoi Kota Kupang yang berjumlah 22 pedagang dan data sekunder di peroleh dari jurnal – jurnal penelitian terdahulu mengenai profil Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa beragam jenis usaha yang terdapat di Wisata Kuliner Oepoi yaitu usaha bakso, ayam geprek, nasi goreng, es campur dll. Wisata Kuliner Oepoi yang terletak di jalan W.J Lalamentik, lokasinya sangat strategis karena berdiri di antara beberapa perkantoran yaitu Kantor Dinas Perindustrian Kota Kupang, Kantor BPJS Cabang Kupang, Gedung GOR dsb. Di Wisata Kuliner Oepoi sendiri terdapat 40 lapak dengan harga sewa yang berbeda.Dari 40 lapak tersebut di bagi menjadi 3 blok,blok yang pertama yaitu blok A,blok B dan Blok C dengan harga sewa per tahun masing- masing blok yaitu blok A Rp.13.700.000 blok B Rp.14.500.000 dan blok C Rp.11.700.000. Fasilitas yang disiapkan dari Badan Pendapatan dan Aset Daerah adalah lahan parkir, terdapat 40 lapak yang tersedia, listrik air, cerobong asap, terdapat 2 wastafel di masing – masing lapak, terdapat wc umum dan wc untuk masing – masing lapak, dapur serta cerobong asap. Harga jual yang paling tertinggi terdapat pada menu nasi bakar dengan harga Rp.25.000 dan harga jual yang paling terendah yaitu Rp.5.000 dengan jenis makanan dan minuman seperti salome, es teller, es teh, es jeruk, es sirup dan es extrajoss. Omzet penjualan dari 22 pedagang wisata kuliner Oepoi berkisar dari Rp.23.000.000 sampai Rp.26.000.000. pendapatan para pedagang di Wisata Kuliner Oepoi berkisar dari Rp.4.089.667 sampai Rp.6.939.667. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar Para pedagang harus memiliki pembukuan yang terperinci agar pedagang bisa mengetahui besarnya biaya pengeluaran dan pendapatan atau tidak menggabungkan uang pribadi dan uang hasil usaha .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profil Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Jenis Usaha, Lokasi Usaha, Sewa Tempat Usaha, Fasilitas Tenaga Kerja, Harga Jual, Omzet Penjualan dan Pendapatan.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 20 Nov 2019 02:30
Last Modified: 20 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item