FIANTRI, Oktavia (2017) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Kalor Dan Perpindahanya Pada Peserta Didik Kelas Vii e Semester Ganjil Smp Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
abstrak.pdf Download (991kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (105kB) |
Abstract
Model pembelajaran discovery adalah suatu model untuk mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan model Pembelajaran discovery materi kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIE Semester Genap SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018?”. Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran discovery? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar (IHB) peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya dengan menerapkan model pembelajaran discovery? 3) Bagaimana hasil belajar IPA peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 8 Kupang tahun ajaran 2015/2016 dalam pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya dengan menerapkan model pembelajaran discovery? 4) Bagaimana respon peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 terhadap kegiatan pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya dengan menerapkan model pembelajaran discovery? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: Mendeskripsikan Hasil Penerapan Model Pembelajaran Discovery Materi Pokok Kalor dan Perpindahannya pada Peserta Didik Kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018”. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran discovery. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar (IHB) peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya dengan menerapkan model pembelajaran discovery. 3) Mendeskripsikan hasil belajar IPA Terpadu peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya dengan menerapkan model pembelajaran discovery. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 terhadap kegiatan pembelajaran materi pokok kalor dan perpindahannya dengan menerapkan model pembelajaran discovery. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VII E SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik dan Kisi-kisi Tes Hasil Belajar. Sedangkan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran model pembelajaran discovery, Tes Hasil Belajar (produk, afektif dan psikomotor), Lembar Penilaian Aspek afektif dan psikomotor dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif (dengan menghitung skor rata-rata, proporsi dan persentase). Bertolak dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan sebagian besar tuntas. Hasil belajar peserta didik yang disiapkan sebagian besar tuntas. Sedangkan respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dikemukakan bahwa model pembelajaran discovery materi pokok Kalor dan perpindahannya diterapkan dengan baik pada peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Discovery, Kalor dan Perpindahannya, Deskriptif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 05:31 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 05:31 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8442 |
Actions (login required)
View Item |