Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Serta Pemanfaatannya Dalam Teknologi Di SMPK St. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

IGO, Maria Anggela (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Serta Pemanfaatannya Dalam Teknologi Di SMPK St. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ditemukan saat observasi yang menunjukkan rendahnya hasil belajar (IPA Terpadu) peserta didik. Salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut adalah kebiasaan guru yang masih menggunakan ceramah meskipun perangkat pembelajaran telah disusun dengan model pembelajaran inofatif. Salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah ini adalah dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi kelas VIII di SMPK St. Theresia Kupang tahun ajaran 2018/2019”. Populasi dalam Penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPK Sta. Theresia Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang diterapkan model inkuiri terbimbing dan kelas VIII C yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Postest Control group , teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Rata-rata pretest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 38.39 dan posttest sebesar 77.68, N-Gain 0.7, sedangkan rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 40.18 dan posttest 75.36, N-Gain 0.6. Berdasarkan hasil uji annacova menunjukkan signifikansinya 0.002 < 0.05, hal ini menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan serta pemanfaatannya dengan teknologi di SMPK Sta. Theresia Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Serta Pemanfaatannya Dengan Teknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 08 Nov 2019 05:44
Last Modified: 08 Nov 2019 05:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item