PROFIL KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 )

Mau, Paula Jermina (2016) PROFIL KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 ). Diploma thesis, Widya Mandira Chatolic University.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi : Profil kecerdasan interpersonal siswa dan implikasinya bagi layanan bimbingan kelompok (Studi deskriptif kuantitatif pada siswa-siswi kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kota Kupang tahun pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah a). Bagaimana profil kecerdasan interpersonal siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Kota Kupang tahun pelajaran 2015/2016?, b) Apa implikasi profil kecerdasan interpersonal bagi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kota Kupang tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini a) untuk mengetahui profil kecerdasan interpersonal siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kota Kupang tahun pelajaran 2015/2016, b) untuk mengetahui implikasi profil kecerdasan interpersonal bagi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kota Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan kecenderungan pusat, karena untuk mengukur profil kecerdasan interpersonal sebagai variabel tunggal, untuk dapat menilai kriteria kecerdasan interpersonal siswa apakah kriterianya lemah atau kuat. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Kota Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan skor rata-rata sebesar 86,3 berada diantara rentangan 78,6-94,43 = 86,5. Mengacu pada hasil analisis data kecenderungan pusat di atas maka dapat disimpulkan bahwa profil kecerdasan interpersonal siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kota Kupang tahun pelajaran 2015/2016 cenderung kuat. Berdasarkan simpulan ini, peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait yaitu: 1) Bagi Kepala Sekolah: untuk dapat merencanakan kegiatan sekolah yang dapat mempertahankan dan meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. 2) Bagi Konselor sekolah: untuk lebih memahami perilaku siswa khususnya dalam memberikan layanan bimbingan kelompok untuk mempertahankan dan meningkatkan sikap kecerdasan interpersonal siswa. 3) Bagi Guru mata pelajaran: diharapkan guru mata pelajaran hendaknya selalu bekerja sama dengan konselor sekolah untuk mengetahui masalah yang dialami oleh siswa khususnya masalah kecerdasan interpersonal siswa. 4) Bagi Siswa: diharapkan untuk mewujud-nyatakan tindakan dan perilaku dalam hidup kesehariannya, setelah siswa mengenal diri, siswa mengetahui yang diinginkan dalam belajar serta siswa mengetahui pembelajaran di sekolah penting atau tidak penting bagi dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education
Depositing User: Unnamed user with username ande_pati
Date Deposited: 19 May 2017 02:27
Last Modified: 19 May 2017 02:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item