Memperkenalkan Keterampilan Teknik Penjarian Dalam Bermain Musik Pianika Dengan Model Lagu Garuda Pancasila Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi SMP Negeri 3 Ruteng Watu Benta

NANGGUR, Wihelmus (2022) Memperkenalkan Keterampilan Teknik Penjarian Dalam Bermain Musik Pianika Dengan Model Lagu Garuda Pancasila Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi SMP Negeri 3 Ruteng Watu Benta. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Kegiatan bermusik sangatlah berfariasi, mulai dari kegiatan yang paling sederhana seperti mendengarkan musik, mengekspersikan musik kedalam lagu, membentuk kelompok musik pianika sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu pembelajaran musik sejenis pada siswa-siswi minat musik pianika SMP Negeri 3 Ruteng Watu Benta, dimana siswa-siswi ditempat kemampuannya dalam bermusik sekaligus untuk meningkatkan bakat seni yang dimiliki. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaiman memperkenalakan keterampilan teknik penjarian dalam bermain musik pianika dengan model lagu Garuda Pancasila menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi SMP Negeri 3 Ruteng Watu Benta Kecamata Rahong Utara Kabupaten Manggarai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan memperkenalakan keterampilan teknik penjarian dalam bermain musik pianika dengan model lagu Garuda Pancasila menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi SMP Negeri 3 Ruteng Watu Benta Kecamata Rahong Utara Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran alat musik pianika dilaksanakan sebelas kali pertemuan, yakni tahap awal (pengrekrutan pemain, pemaparan materi dan penentuan jadwal latihan) tahap inti (latihan teknik penjarian dan latihan memainkan lagu secara bersama-sama) tahap akhir (pementasan alat musik pianika dengan menggunakan satu suara dengan mode lagu Garuda Pancasila). Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa memperkenalakan keterampilan teknik penjarian dalam bermain musik pianika dengan model lagu Garuda Pancasila menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi SMP Negeri 3 Ruteng Watu Benta Kecamata Rahong Utara Kabupaten Manggarai, walaupun masih begitu banyak terjadi kesalahan akan tetapi ini sesuatu yang sangat baik bagi mereka yang baru pertama kali mengenal dan memainkan alat musik pianika. Metode ini dapat membantu siswa-siswi untuk mengembangkan kemampuan dan bakat yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan di hari-hari yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harmoni, Pianika, Imitasi, Drill, Siswa-Siswi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd WIHELMUS NANGGUR
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:11
Last Modified: 07 Sep 2022 03:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item