Evaluasi Ketersediaan Air Dan Pemanfaatan Air Pada Embung Mage Wedat (Studi Kasus Pada Embung Mage Wedat, Desa Darat Gunung, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka).

TIMA, Eky Kurniadi Mane An (2019) Evaluasi Ketersediaan Air Dan Pemanfaatan Air Pada Embung Mage Wedat (Studi Kasus Pada Embung Mage Wedat, Desa Darat Gunung, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB lV.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)

Abstract

Darat Gunung sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian dalam bidang pertanian serta usaha budidaya peternakan, sering mendapat hambatan akibat kurangnya ketersediaan air untuk keperluan pertanian dan kebutuhan air minum ternak. juga mengalami masalah kebutuhan air baku untuk keperluan rumah tangga. Masyarakat sering menggunakan air hujan dan sumber mata air kecil untuk kebutuhan, namun ketika musim kemarau terjadi kelangkaan air. Pada tahun 2014, dilakukan pembangunan Embung Mage Wedat yang terletak di Dusun Nataleba, Desa Darat Gunung. Namun karena pengaruh dari resapan air, sedimentasi dan penguapan yang terjadi, membuat tinggi air yang tertampung menjadi tidak optimal. Oleh karena itu pada tahun 2016 dilakukan peningkatan Embung Mage Wedat, dengan penambahan lapisan pelindung geomembrane pada kolam tampung sehingga air yang ditampung dapat mencapai muka air normal ketika musim hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi setelah peningkatan Embung Mage Wedat dari sisi ketersediaan air, volume tampungan, kebutuhan air, dan keseimbangan air. Setelah dianalisa debit andalan, maka diperoleh debit air terbesar dengan nilai 5197,59 m³, dan debit air terkecil dengan nilai 58,25 m³. Berdasarkan hasil hitungan volume tampungan efektif Embung Mage Wedat, pada kondisi muka air normal (MAN) sebesar 14007,00 m³. Dari hasil keseimbangan air, untuk kebutuhan air definisi pemerintah RI penggunaannya per tahun sebesar 22.439,23 m³/tahun, sementara kebutuhan air lapangan penggunaannya per tahun sebesar 15.515,26 m³/tahun. Pada perhitungan perbandingan volume sisa definisi pemerintah RI bulan Desember dengan persentase 21,39%, ini menunjukan ketersediaan air yang masih terdapat di kolam embung ±3 m. Sedangkan untuk volume sisa lapangan bulan Desember dengan persentase 60,19%, ini menunjukan ketersediaan air yang masih terdapat di kolam embung ±5 m. Kesimpulan menunjukan volume sisa definisi pemerintah RI lebih kecil dari volume sisa lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan, Kebutuhan, Keseimbangan, Perbandingan, Tampungan.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 20 Nov 2019 02:42
Last Modified: 20 Nov 2019 02:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item