KII, Yuliana Dada (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas Viic Smpk St. Theresia Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
absrtak.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (140kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan suatu model pembelajaran yang dapat membangun keterampilan kooperatif peserta didik. Keterampilan ini meliputi keterampilan bekerja sama dan saling berkolaborasi dalam membangun pengetahuan dan pemahaman akan materi yang dipelajari. Hal ini memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan hubungan yang bersifat interdependensi efektif diantara anggota kelompok.dengan demikian, dapat memungkinkan timbulnya persepsi yang positif tentang apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai keberhasilan belajar berdasarkan kemampuan diri secara individu dan sumbangan dari anggota kelompok lain selama belajar bersama dalam kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD materi pokok Suhu Dan Perubahannya pada Pada peserta didik Kelas VIIC Semester Ganjil SMPK St. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD materi pokok Suhu dan Perubahannya pada Peserta Didik Kelas VIIC Semester Ganjil SMPK St. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan Peserta Didik Kelas VIIC Semester Ganjil SMPK St. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 orang. Teknik pemilihan subyek peserta didik adalah purposive sampling. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Kisi-kis dan Tes Hasil Belajar dan Angket Respon Peserta Didik .Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD adalah optimal untuk materi pokok Suhu dan Perubahannyapada Peserta Didik Kelas VIIC Semester Ganjil SMPK St. Theresia Kupang yang berjumlah 25 orang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Deskriptif, Student Team Achievement Division, Suhu dan Perubahannya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 05:56 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 05:56 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8489 |
Actions (login required)
View Item |