Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir Pada Kampus Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang (Studi Kasus Fakultas Teknik Prodi Teknik Sipil Dan Teknik Arsitektur).

NDIA, Rosalia (2019) Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir Pada Kampus Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang (Studi Kasus Fakultas Teknik Prodi Teknik Sipil Dan Teknik Arsitektur). Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)

Abstract

Seiring dengan peningkatan jumlah mahasiswa di Universitas Katolik Widya Mandira Kupangsetiap tahunnya akan berpengaruh juga terhadap peningkatan jumlah dosen dan pegawainya, dan tentunya berdampak terhadap peningkatan jumlah volume kendaraan yang berada di areal parkir Fakultas Teknik. Ketersediaan ruang parkir yang terbatas dan juga tidak tertatanya ruang parkir yang ada sekarang, menyebabkan penumpukan kendaraan pribadi dalam jumlah yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir, kebutuhan satuan ruang parkir (SRP) saat ini dan kebutuhan SRP untuk 15 tahun mendatang berdasarkan gambar siteplan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statik dan analisis matematis. Analisis statis yaitu untuk mendapatkan karakteristik parkir seperti akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, tingkat pergantian parkir, kapasitas parkir dan indeks parkir. Sedangkan analisis matetematis yang digunakan adalah analisis trend(trendlinier dan trendeksponensial) dengan menggunakan bantuan Solver pada Ms. Exel untuk mendapatkan nilai error terkecil dari data akumulasi maksimum kendaraan, kemudian dilakukan forcasting kebutuhan parkir sesuai umur rencana. Dari hasil perhitungan diperoleh indeks parkir kendaraan roda 2 yaitu 0,47 dan roda 4 0,30, masih <1 artinya bahwa fasilitas parkir sesuai siteplan untuk sekarang tidak bermasalah, dimana ruang parkir tidak melebihi daya tampung satuan ruang parkir eksisting. Sedangkan hasil peramalan untuk 15 tahun mendatang dibutuhkan tambahan luas lahan parkir untuk kendaraan roda 2 sebesar 577 m2, dan untuk kendaraan roda 4 sebesar 55 m2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Siteplan, Parkir, Kendaraan, Satuan Ruang Parkir, Forcasting.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Pemasaran
Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Pendidikan
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 20 Nov 2019 03:15
Last Modified: 20 Nov 2019 03:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item