KELALU, Flabianus (2017) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas Viiia Smp Negeri 6 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
JUDUL.pdf Download (512kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (115kB) |
Abstract
Discovery Learning merupakan salah satu model yang memungkinkan para peserta didik terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar sehingga mampu menggunakan proses mentalnya untuk menemukan suatu konsep atau teori yang sedang dipelajari. Dengan kata lain, landasan pemikiran yang mendasari pendekatan belajar mengajar ini bisa lebih mudah di hafal, serta mudah ditransformasikan dalam menghadapi kompleksitas kehidupan. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model Pembelajaran Discovery Learnig Materi Pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 6 semester ganjil Kupang tahun ajaran 2017/2018. Secara spesifik tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan pendidik dalam dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIII A semester ganjil SMP Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model Discovery Learning. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. 5) Keefektifan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 6 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 orang dan guru (peneliti). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (THB) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning adalah optimal untuk materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 6 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 orang. Secara terperinci sebagai berikut: Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Empat indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas. Hasil belajar fisika peserta didik pada umumnya tuntas. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berada dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, Pesawat sederhana. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 05:58 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 05:58 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8490 |
Actions (login required)
View Item |