TUTO, Nobertina Ina (2017) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Gerak Pada Makhluk Hidup Dan Benda Pada Peserta Didik Kelas Viiig Semester Ganjil Smp Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (541kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
Masalah utama dalam peelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda pada peserta didik kelas VIIIG semester ganjil SMP Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Secara terperinci masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda pada peserta didik kelas VIIIG semester ganjil SMP Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda pada peserta didik kelas VIIIG semester ganjil SMP Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda pada peserta didik kelas VIII G semester ganjil SMP Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda pada peserta didik kelas VIIIG semester ganjil SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik (peneliti) dan peserta didik kelas VIIIG semester ganjil SMP Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yag berjumlah 22 peserta didik. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-kisi Tes Hasil Belajar dan Tes Hasil Belajar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar, dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan presentase. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif kuantitatif, data penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan inkuiri tebimbing materi pokok Gerak pada Makhluk hidup dan Benda pada peserta didik kelas VIIIG semester ganjil SMP Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 orang adalah optimal. Secara terperinci diperoleh kemapuan pendidik dalam mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan perencanaan evaluasi pembelajaran adalah baik dengan skor masing-masing 3,89, 3,80 dan 4,00. Indikator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak 15 indikator produk, sembilan indikator afektif dan 5 indikator psikomotor dengan lima RPP untuk masing-masing RPP semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi masing-masing 0,88, 0,93, dan 0,90. Tes hasil belajar (THB) peserta didik baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor semuanya tuntas dengan proporsi asing-masing 0,87, 0,92, dan 0,90. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang meliputi; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, alokasi waktu dan suasana kelas dilakukan oleh pendidik semuanaya berada dalam kategori sangat baik dengan presentase masing-masing aspek secara berturut-turut adalah 90%, 90%, 89%, 88%, 89%, 89,00%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri terbimbing, Gerak pada Makhluk hidup dan benda, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 06:06 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 06:06 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8496 |
Actions (login required)
View Item |