Upaya Memperkenalkan Pukulan Dasar Musik Etnik Bibiliku Kepada Mahasiswa Nonetnik Malaka Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Melalui Metode Meniru Dan Metode Drill

SERAN, Adolfin Stefany (2019) Upaya Memperkenalkan Pukulan Dasar Musik Etnik Bibiliku Kepada Mahasiswa Nonetnik Malaka Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Melalui Metode Meniru Dan Metode Drill. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Musik Etnik dari daerah lainya tentunya sangat sulit untuk dipelajari oleh orang yang bukan berasal dari daerah itu sendri. Dalam program studi pendidikan musik diberikan kesempatan kepada mahasiswa yang bukan berasal dari daerahnya sendri untuk mempelajari musik etnik tradisional dari daerah lain.dalam hal ini musik etnik yang berasal dari malaka akan dipelajari oleh mahasiswa semester IV nonetnik malaka. Hal yang melarbelakangi pentingnya penulisan ini bahwa bukan hanya mahasiswa malaka saja yang mengetahui tentang musik etnik bibiliku tetapi diberikan kesempatan kepada mahasiswa yang bukan berasal dari malaka untuk belajar serta mempraktekkan musik etnik bibiliku ini. Musik etnik bibiliku yang yang dipelajari pada program studi pendidikan musik ini merupakan salah satu kegiatan minat dan bakat mahasiswa serta menambah wawasan mereka dalam bidang musik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah :Bagaimana proses pelaksanaan musik etnik bibiliku pada mahasiswa semester iv nonetnik malaka dan bagaimana apresisasi mahasiswa semester iv nonetnik malaka terhadap musik etnik bibiliku. Berdasarkan permasalahan ini tujuan penelitian ini:(1) untuk mengetahui apa saja upaya yang ditempuh dalam memperkenalkan pukulan dasar musik etnik bibiliku kepada mahasiswa semester iv nonetnik malaka program studi pendidikan musik universitas katolik widya mandira kupang melalui metode meniru dan metode drill . Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah hasil ovservasi hasil wawancara dan dokumentasi . Data-data yang diperoleh dideskripsikan untuk menjawabpi permasalahan.hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa semester iv nonetik malaka dilaksanakan melalui beberapa tahap:tahap awal,menjelaskan bagaimana musik etnik itu sendri, tahap intimenjelaskan bagaimna proses latihan musik etnik bibiliku itu sendri,dan tahap akhir adalah pementasan hasil penelitian. Ada 5 pola ritme yang diajarkan kepada mahasiswa nonetnik malaka yakni: teberek, gemuruh, mane kabas, tei fore dan nawa mohuk. Dalam mempelajari musik etnik bibiliku ini mereka dengan mudah menunjukan musik etnik malaka dengan baik dan dapat mempraktekkannya sebagaiman layaknya penari likurai yang berasal dari malaka .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran,pukulan,musiketnik,bibiliku,mahasiswa nonetnik malaka
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 20 Nov 2019 03:23
Last Modified: 20 Nov 2019 03:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item