Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Materi Pokok Besaran Dan Satuannya Pada Peserta Didik Kelas X Semester Ganjil Sma Swasta Terakreditasi Pgri Kota Kupang Tahun Ajaran 2017 / 2018

SARVINI, Zenobia Angela (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Materi Pokok Besaran Dan Satuannya Pada Peserta Didik Kelas X Semester Ganjil Sma Swasta Terakreditasi Pgri Kota Kupang Tahun Ajaran 2017 / 2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (573kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (191kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Pokok Besaran dan Satuannya Pada Peserta Didik Kelas X Semester Ganjil SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018?" Secara spesifik, masalah dalam peneltian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? 2) Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? 3) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? 4) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? 5) Bagaimana respon Peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah “Mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Besaran dan Satuannya pada peserta didik kelas X semester ganjil SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.” Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 3) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe STAD. 4) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester ganjil SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang yang berjumlah 25 orang dan guru (peneliti). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Lembar Pengamatan Keterampilan Kooperatif Peserta Didik, Tes Hasil Belajar, dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi perhitungan skor rata-rata, persentase dan proporsi. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) materi pokok Besaran dan Satuannya pada peserta didik kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang yang mencakup: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata secara berturut-turut adalah: 3,97; 3,94; dan 4,00. Keterampilan kooperatif peserta didik yang meliputi: berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, mendengarkan dengan aktif dan bertanya atau menjawab semuanya berada pada batasan efektifitas yang ditetapkan. Sepuluh indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ≥ 0,75 yakni 0,89. Hasil belajar peserta didik secara keseluruhan tuntas dan terjadi peningkatan proposi jawaban benar dari 0,26 pada tes awal menjadi 0,88 pada tes akhir dengan peningkatan sebesar 0,62. Respon peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat baik karena rata-rata persentase kelima aspek adalah 90,06%. Dari uraian di atas, maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat diterapkan secara optimal pada peserta didik kelas X SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang Materi Pokok Besaran dan Satuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Acievement Division (STAD), Besaran dan Satuannya, Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:08
Last Modified: 07 Sep 2022 06:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item