PANDIE, Jovil (2017) Uji Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii Pada Materi Pokok Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Serta Hubungannya Dengan Aktivitas Manusia Di Smp Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
01 COVER.pdf Download (303kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi di SMP Surya Madala Kupang adalah aktivitas yang ditunjukkan siswa masih sangat rendah seperti kurangnya antusius siswa pada proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang memahami konsep yang diberikan oleh guru. Model dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru di sekolah merupakan faktor utama yang sangat mempengaruhi respon siswa terhadap materi yang disajikan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat menunjang keaktivan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII pada materi pokok Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Serta Hubungannya Dengan aktivitas Manusia di SMP Surya Mandala Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Serta Hubungannya dengan aktivitas Manusia di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa perindividu 87,22 (tuntas) dan secara klasikal 80% (tuntas). Rata-rata proporsi indikator 0,86 (tuntas), dan 0,53 sedangkan reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,52(baik) skor rata-rata guru dalam pembelajaran 3,72 (baik) dan reliabilitas instrumennya adalah 96,68 (baik). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat di simplkan bahwa model pembelajaraan kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran biologi pada materi pokok pencemaran dan kerusakan lingkungan serta hubungannya dengan aktivitas manusia di SMP Surya Mandala Kupang tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together. Pencemaran dan kerusakan lingkungan serta hubungannya dengan aktivitas manusia, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:45 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:45 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8532 |
Actions (login required)
View Item |