PADI, Florentina Sari (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 5 Kota Kupang Pada Materi Pokok Rangka Dan Otot Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
FILE ABSTRAK.pdf Download (812kB) |
|
Text
FILE 1.pdf Download (428kB) |
|
Text
FILE 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
Text
FILE 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
|
Text
FILE 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
|
Text
FILE 5.pdf Download (378kB) |
Abstract
Pembelajaran yang berkualitas memerlukan pengembangan model pembelajaran yang tepat, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Permasalahan yang muncul dibidang pendidikan yang terjadi di indonesia. Salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa mengidentifikasikan adanya masalah dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Kota Kupang tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII L dan VIII N yang masingmasing berjumlah 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design dan analisis data secara deskripstif dan inferensial. Hasil belajar siswa sebelum tes dan sesudah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw masing-masing adalah 46,5 dan78,33. Sedangkan hasil belajar siswa sebelum tes dan sesudah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together masing-masing adalah 45,17 dan 80,5. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa SMPN 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut terlihat dari nilai probabilitas (sign) 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,01.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw dan Numbered Heads Together dan Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:50 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:50 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8534 |
Actions (login required)
View Item |