WEA, Florida (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Team Achievement Division Dan Pendekatan Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di Smp Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (66kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami bahasa-bahasa latin yang sangat banyak ditemukan pada materi biologi. Oleh sebab itu salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Team Achievement Division dan pendekatan jigsaw. Kedua model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang sederhana yang melibatkan banyak siswa, sehingga siswa yang kesulitan akan tertolong dan materi yang sulit akan mudah dipahami dan dapat memotivasi siswa untuk aktif belajar dan dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Team Achievement Division dan pendekatan Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pra eksperimen dan desain penelitiannya adalah the static Group pretest - postest Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B, dimana siswa kelas VIII A diberikan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Team Achievement Divisiondan siswa kelas VIII B diberikan model pembelajaran kooperatif pendekatanJigsaw. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang gunakan adalah analisis statistik deskripstif dan inferensial dengan menggunakan uji t. Hasil belajar siswa sebelum tes dan sesudah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatanStudent Team Achievement Division masing-masing adalah 51,04 dan 76,68. Sedangkan hasil belajar siswa sebelum tes dan sesudah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw masing-masing adalah 50,20 dan 78,54 dan hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa pada pendekatan STAD diperoleh hasil uji thitung > ttabel yaitu 14.501 > 2.011 dan pada pendekatan Jigsaw thitung > ttabel yaitu 15.050 > 2.011 dengan taraf sig. 0.000 < 0.01. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Team Achievement Divisiondan pendekatan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut terlihat dari nilai probabilitas (sign) 0,002lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,01.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif, pendekatan Student Team Achievement Division, pendekatan Jigsaw, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:52 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:52 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8536 |
Actions (login required)
View Item |