Pengaruh Kualitas Produk, Harga Paket Kuota Internet Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang

KLAU, Ingga Elisa Anggraini (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Paket Kuota Internet Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)

Abstract

Industri telekomunikasi sangat diminati saat ini, membuat perusahaan harus adu strategi dalam memperebutkan konsumen, hingga ke Kota Kupang, Telkomsel kehilangan konsumennya, sehingga mengalami penurunan pengguna kartu Telkomsel, dikarenakan konsumen tidak tertarik akan produk yang ditawarkan Telkomsel, bahkan iklan Telkomsel pun menuai kontroversi. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi konsumen tentang kualitas produk, harga paket kuota internet, promosi dan gambaran keputusan pembelian kartu telkomsel pada mahasiswa FEB Unwira Kupang? (2) Apakah kualitas produk, harga paket kuota internet, dan promosi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel pada mahasiswa FEB Unwira Kupang? Penelitian dilakukan di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang khususnya pada mahasiswa FEB Unwira, dengan populasi adalah konsumen yang menggunakan kartu Telkomsel, dimana tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 18 indikator dan dikalikan 6, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data yaitu metode analisisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SPSS Statistic Version 20. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel kualitas produk sebesar 77,21% dengan kategori baik, variabel harga sebesar 76,98% dengan kategori baik, variabel promosi sebesar 77,33% dan variabel keputusan pembelian sebesar 77,49%, ke duanya dengan kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = -1,452 + 0,507X1 - 0,093X2 + 0,255X3. Hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel kualitas produk sebesar 8,151 dengan nilai signifikan 0,000, dimana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05, variabel harga sebesar -0,948 dengan nilai signifikan 0,345, dimana nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05 dan variabel promosi sebesar 4,157 dengan nilai signifikan 0,000, dimana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil ini menunjukaan bahwa secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel, variabel harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel, variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel dan secara simultan ketiga variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 85,9%, sedangkan sisanya sebesar 14,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Telkomsel perlu memperhatikan kualitas produk, harga dan promosi agar menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Telkomsel
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Ingga Elisa Anggraini Klau
Date Deposited: 12 Sep 2022 00:59
Last Modified: 12 Sep 2022 00:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8590

Actions (login required)

View Item View Item