Peningkatan Ketrampilan Bermain Rekorder Sopran Dalam Nada Dasar G Dengan Lagu Model Bolelebo Pada Anak-Anak Bimbingan Belajar (Bimbel) Kupang Kelompok Usia 11 Sampai 15 Tahun Melalui Metode Drill

ARU, Anggela Marsela Wuga (2015) Peningkatan Ketrampilan Bermain Rekorder Sopran Dalam Nada Dasar G Dengan Lagu Model Bolelebo Pada Anak-Anak Bimbingan Belajar (Bimbel) Kupang Kelompok Usia 11 Sampai 15 Tahun Melalui Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Bimbingan belajar St. Lusia (bimbel) adalah sebuah kelompok pendidikan non formal yang dibentuk dan diresmikan pada tanggal 28 november 2014. Dengan jumlah anak didik sebanyak 35 orang yang mempunyai umur antara 5 sampai 15 tahun. Kegiatan yang dilakukan anak- anak bimbel sangat bervariasi mulai dari pendidikan matematika sampai pada pendidikan seni dalam hal ini tari dan kerajinan tangan. Dari pengamatan peneliti belum ada kegiatan yang bekaitan dengan seni musik pada bimbel tersebut. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran rekorder sopran dalam nada dasar G dengan lagu model bolelebo pada anak-anak bimbel kupang kelompok usia 11 sampai 15 tahun? Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui proses pembelajaran rekorer sopran dalam nada dasar G dengan lagu model bolelebo pada anak- anak bimbel kupang kelompok usia 11 sampai 15 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode drill dan dibantu oleh metode meniru, jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak- anak bimbel pada umumnya belum mengetahui permainan rekorder sopran dalam nada dasar G. Cara yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran alat musik rekorder ini adalah dengan melakukan latihan tangga nada G, dengan pernapasan dan teknik penjarian yang baik serta menerapkan dalam lagu model yaitu lagu bolelebo. Untuk mencapai hasil yang maksimal pertemuan dilakukan dalam tiga tahap yakni. 1) pengenalan teknik penjarian serta pernapasan pada rekorder 2) latihan tangga nada G serta permainan nada dasar G pada lagu bolelebo 3) pementasan dan pengambilan video hasil. Dengan cara tersebut dapat mencapai hasil dan anak- anak bimbel bisa memainkan lagu bolelebo dalam nada dasar G dengan teknik penjarian dan pernapasan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bimbel, rekorder sopran, nada dasar G, metode drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 11 Sep 2022 23:43
Last Modified: 11 Sep 2022 23:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item